- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 1
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 2
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 3
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 4
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 5
MODUL AJAR PAI DAN BUDI PEKERT
I.
INFORMASI UMUM
A. IDENTITAS
MODUL
Nama Penyusun :
ASEP SAEPULAH, S.Pd.I
Nama
Sekolah : SDN PESANTREN
Tahun
Penyusunan : 2022
Modul Ajar : PAIdBP
Fase/Kelas : B/IV
Alokasi
Waktu : 20 JP x 35 menit
(5 Pertemuan)
B. KOMPETENSI
AWAL
1.
Peserta
didik dapat mengenal Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dan mengetahui keragaman manusia di
lingkungan sekitar serta mengenal tulisan Q.S. al-Ḥujurāt/49:13.
C. PROFIL
PELAJAR PANCASILA
Pada
kegiatan pembelajaran ini akan dilatihkan dimensi profil pelajar pancasila
tentang:
1.
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dengan cara melatih
peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar.
2.
Berkebinekaan
global dengan cara melatih peserta didik tidak membeda-bedakan teman ketika
pembentukan kelompok diskusi atau praktikum.
3.
Mandiri
dengan cara sadar diri dan tidak ketergantungan pada teman saat melaksanakan
kegiatan pembelajaran.
4.
Bergotong
royong dengan cara melatih peserta didik untuk saling membantu bekerjasama
dalam kelompok saat melaksanakan kegiatan praktikum, diskusi, maupun presentasi
hasil kerja kelompok.
5.
Bernalar
kritis dengan cara melatih peserta didik dengan pertanyaan-pertanyaan dalam
peristiwa kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan topik materi.
6.
Kreatif
dengan cara melatih peserta didik berinovasi dalam mengajukan ide yang
berhubungan dengan topik materi.
MODUL AJAR PAI SD KELAS 1 BAB 2 SEMESTER 1 BAGIAN 1
MODUL AJAR PAI SD KELAS 1 BAB 2 SEMESTER 1 BAGIAN 2
MODUL AJAR PAI SD KELAS 1 BAB 2 SEMESTER 1 BAGIAN 3
MODUL AJAR PAI SD KELAS 1 BAB 2 SEMESTER 1 BAGIAN 4 (SELESAI)
D. SARANA DAN
PRASARANA/ALAT DAN BAHAN
1.
Ruang Kelas
2.
Alat dan
Bahan :
a.
Poster
Al-Qur’an Q.S. al-Hujurat/49:13
b.
Video
panduan membaca Q.S. al-Hujurat/49:13 (youtube atau dokumen pribadi)
c.
LCD
Projector
d.
Laptop
3.
Materi dan
Sumber Bahan Ajar :
a.
Buku
Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Kemendikbud RI tahun 2021
b.
Aplikasi
qur’an kemenag atau https:// quran.kemenag.go.id/sura/95
c.
Buku
Tajwid, pedoman membaca Al-Qur’an dengan benar
E. TARGET
PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler (bukan berkebutuhan khusus)
F. Model
Pembelajaran
1.
Tatap Muka
II.
KOMPETENSI INTI
A. Tujuan
Pembelajaran
Dengan melakukan kegiatan
mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan, peserta didik
mampu:
1.
Membaca
Q.S. al-Hujurat/49:13 dengan tartil.
2.
Menjelaskan
pesan pokok Q.S. al-Hujurat/49:13 dengan
baik.
3.
Membuat
paparan tentang pesan pokok Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dengan baik.
4.
Menulis
Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dengan baik.
5.
Menghafal
Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dengan lancar.
6.
Membaca
dan menulis hadis tentang keragaman dengan baik.
7.
Menghafal
hadis tentang keragaman dengan lancar.
8.
Berani
mempresentasikan paparan Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dan hadis tentang keragaman.
9.
Membiasakan
membaca Al-Qur’an dengan tartil dan sikap menghargai keragaman dan perbedaan
sebagai sunatullah.
B.
Capaian
Pembelajaran:
1.
Membaca
surah-surah pendek atau ayat Al-Qur’an dan menjelaskan pesan pokoknya dengan
baik.
2.
Mengenal
hadis tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama serta
mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
C. Pemahaman
Bermakna
1.
Meningkatkan
ketakwaan kepada Allah dan menyadari bahwa Allah lah yang telah menciptakan manusia. Saling mengenal
satu sama lain dan tidak pernah membedakan orang lain berdasarkan suku dan
bangsanya.
D. Pertanyaan
Pemantik
1.
Apakah
siswa dapat membaca salah satu surah dalam Al-Qur’an yaitu Q.S.
al-Hujurat/49:13 dengan tartil dan irama yang menyentuh?
2.
Apa
komentarmu setelah memperhatikan Gambar 1.3 yang berisi keragaman manusia meliputi agama, bangsa,
budaya dan hobinya?
3.
Apa
pendapatmu setelah melihat tulisan
Al-Qur’an yang rapi dan indah? Apa yang akan kamu lakukan supaya bisa menulis seperti itu?
4.
Pernahkah
kalian melakukan hal seperti pada Gambar 1.5? Ceritakan pengalamanmu di depan
kelas!
5.
Apa saja
jenis keragaman manusia?
E. Persiapan
Pembelajaran
1. Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti Media
Ajar guru Indonesia , menyiapkan lembar kerja peserta didik, dsb.
2. Guru mengingatkan peserta didik untuk mempersiapkan
buku teks, laptop, alat dan bahan yang dibutuhkan.
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar,
mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta
menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2.
Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan
dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu
kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan
Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3.
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4.
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5.
Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan
menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang
akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran. |
20 menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta
didik mengamati Gambar 1.2. 2.
Guru
mencontohkan bacaan Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 secara
tartil melalui tayangan video atau media audio. 3.
Guru
memberikan panduan warna tulisan untuk mempermudah peserta didik dalam
membaca mad, gunnah dan qalqalah, serta guru memperhatikan
penekanan bacaan secara benar. 4.
Peserta
didik memberikan respon terhadap tayangan atau contoh bacaan guru dengan
pertanyaan atau tanggapan. 5.
Peserta
didik membaca Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dengan
didampingi oleh guru. 6.
Peserta
didik latihan membaca Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dengan berulang-ulang, guru dapat
mengukur ketercapaian komptensi peserta didik membaca Q.S. al-Ḥujurāt/49:13
pada rubrik Aktivitasku. 7.
Peserta
didik menemukan bacaan tajwid dalam Q.S. al-Ḥujurāt/49:13. Guru dapat
mengukur kompetensi peserta didik dalam pemahaman tajwid pada Rubrik
Aktivitas Kelompok. 8.
Peserta
didik menjodohkan bagian-bagian ayat dan terjemahnya. Guru dapat mengukur
kompetensi peserta didik dalam pemahaman tajwid pada Rubrik Aktivitas
Kelompok. 9.
Peserta
didik membaca pantun sebagai relaksasi. Kreasi pembacaan pantun harus
bervariasi, misalnya antar kelompok siswa dan siswi saling bersahutan atau
kreasi lain yang menyenangkan. 10. Peserta didik mengartikan makna kata dalam Q.S.
al-Ḥujurāt/49:13 serta memahami terjemahnya, lalu memahami pesan pokok Q.S.
al- Ḥujurāt/49:13. |
100 menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta
didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang membaca Q.S. al-Ḥujurāt/49:13. 3.
Mengagendakan
pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan
materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu tentang memahami
pesan pokok Q.S. al-Ḥujurāt/49:13. 5.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20 menit |
Pertemuan Kedua (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan
Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar,
mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta
menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2.
Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan
dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu
kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan
Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3.
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4.
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5.
Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan
menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang
akan dinilai dari peserta didik
selama proses pembelajaran. |
20 menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta
didik mengamati Gambar 1.3. 2.
Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah anggota per kelompok
sebanyak 4 anak. 3.
Guru
menyajikan pelajaran berupa tafsir ringkas Q.S.
al-Ḥujurāt/49:13. 4.
Peserta
didik membuat paparan (Power point atau yang lain) terkait pesan pokok Q.S. al-Ḥujurāt/49:13, lalu setiap kelompok Q.S.
al-Ḥujurāt/49:13 pada rubrik Aktivitas Kelompok. 5.
Guru
memberi kuis atau pertanyaan pada semua peserta didik. Pada waktu menjawab
pertanyaan dilarang saling membantu. 6.
Guru
mengevaluasi hasil kerja kelompok, lalu membuat kesimpulan materi. |
100 menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta
didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang memahami pesan pokok Q.S. al-Ḥujurāt/49:13. 3.
Mengagendakan
pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan
materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu tentang menulis
Q.S. al-Ḥujurāt/49:13. 5.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20 menit |
Pertemuan Ketiga (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar,
mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta
menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2.
Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan
dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu
kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan
Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3.
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4.
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5.
Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan
menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang
akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran. |
20 menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta
didik mengamati Gambar 1.4. 2.
Guru
menjelaskan cara menulis Al-Qur’an sesuai materi pada buku siswa. 3.
Guru
menayangkan tutorial cara menulis Al-Qur’an yang benar dan rapi. 4.
Peserta
didik menulis Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dengan bimbingan guru. 5.
Peserta
didik menyalin Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 sesuai petunjuk guru pada rubrik
Aktivitasku. |
100 menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta
didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang menulis Q.S. al-Ḥujurāt/49:13. 3.
Mengagendakan
pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan
materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu tentang
menghafal Q.S. al-Ḥujurāt/49:13. 5.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20 menit |
Pertemuan keempat (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar,
mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta
menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2.
Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan
dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu kegiatan
dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan Yang Maha
Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3.
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4.
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5.
Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan
menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang
akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran. |
20 menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta
didik mengamati Gambar 1.5. 2.
Guru
menjelaskan keutamaan menghafal Al-Qur’an, lalu menjelaskan adab menghafal
Al-Qur’an. 3.
Guru
menjelaskan metode menghafal Al-Qur’an 4T+1M yaitu Talqin dan Tasmi’, Tafahhum, Tikrar dan Muraja’ah. 4.
Peserta
didik menyanyikan lagu Hafiz Qur’an dengan penuh penghayatan untuk memotivasi
peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an. 5.
Peserta
didik menujukkan hafalannya di depan guru dan teman-temannya pada rubrik
Aktivitasku. |
100 menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta
didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang menghafal Q.S. al-Ḥujurāt/49:13. 3.
Mengagendakan
pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan
materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu tentang hadis
tentang keragaman. 5.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20 menit |
Pertemuan kelima (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar,
mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta
menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2.
Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan
dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu
kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan
Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3.
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4.
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5.
Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan
menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang
akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran. |
20 menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta
didik mengamati Gambar 1.6. 2.
Peserta
didik membaca teks Hadis dan terjemahnya dengan cermat yang terdapat pada
buku siswa. 3.
Peserta didik
membaca, menulis dan menghafal tentang hadis keragaman sebagaimana kegiatan
pembelajaran materi Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 pada rubrik Aktivitasku 1. 4.
Peserta
didik menemukan pesan pokok Hadis dan merumuskannya dengan bahasa sendiri di
kertas pajangan pada rubrik Aktivitasku 2. 5.
Peserta
didik menempelkan kertas hasil karyanya di papan pajangan peserta didik, lalu
membaca hasil kerja teman-temannya secara bergantian. 6.
Peserta
didik bermain TTS untuk menuatakan hasil belajar peserta didik pada rubrik
Ayo Bermain. |
100 menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta
didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang hadis tentang keragaman. 3.
Mengagendakan
pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan
materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya. 5.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20 menit |
G. Asesmen
No |
Jenis Asesmen |
Bentuk Asesmen |
1.
|
Diagnostik |
·
Pertanyaan
pemantik sebelum pembelajaran dimulai. ·
Tanya
jawab sebagai tindak lanjut. |
2.
|
Formatif |
Penilaian
proses, observasi sikap, performa berupa presentasi dan pameran hasil karya,
keterampilan dan pengetahuan selama peserta didik membaca dan menghafalkan
Q.S. al-Ḥujurāt/49:13, memahami dan menghafalkan hadis tentang keragaman. |
3.
|
Sumatif |
Tertulis (uraian) |
H. Kegiatan
Remedial dan Pengayaan
1.
Kegiatan
remedial:
Peserta didik yang
hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan materi dengan
pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual tambahan untuk
memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.
2.
Kegiatan
pengayaan:
Peserta didik yang daya
tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan
kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap
materi yang telah dipelajari.
I.
Refleksi Guru
1.
Refleksi
Peserta Didik
Pertanyaan refleksi |
☺ |
😐 |
☹ |
Sudahkah kalian mengenal Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 |
|
|
|
Apakah kalian sudah membaca Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 |
|
|
|
Apakah kalian sudah memahami pesan pokok Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 |
|
|
|
Dapatkah kalian menulis Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 |
|
|
|
Sudahkah kalian hafal Q.S.
al-Ḥujurāt/49:13 |
|
|
|
Apakah kalian sudah memahami hadis tentang
keragaman |
|
|
|
Apakah kamu menyukai kegiatan pembelajaran hari
ini |
|
|
|
Bagian mana yang paling kamu sukai? |
|||
Apa yang tidak kamu sukai selama kegiatan
pembelajaran hari ini? |
2.
Refleksi
Guru
Pertanyaan refleksi |
Apa yang bisa diperbaiki dari seluruh kegiatan
ini? |
Apabila bisa diulang apa yang akan
dilakukan untuk membuat pembelajaran lebih baik? |
Bagaimana keterlibatan peserta didik? |
Apa saja kesulitan yang dialami oleh
peserta didik? |
III.
LAMPIRAN
A. Penilaian
1. Penilaian
Diagnostik
a.
Diagnostik
Non Kognitif
Asesmen diagnostik non kognitif di
awal pembelajaran dilakukan untuk menggali hal-hal meliputi kesejahteraan
psikologi peserta didik, sosial emosi, aktivitas peserta didik selama belajar
di rumah, kondisi keluarga, dan pergaulan peserta didik, gaya belajar,
karakter, dan minat siswa.
No |
Pertanyaan |
Pilihan Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
||
1.
|
Apa kabar hari ini? |
|
|
2.
|
Apakah ada yang sakit hari ini? |
|
|
3.
|
Apakah kalian dalam keadaan
sehat? |
|
|
4.
|
Apakah anak-anak merasa
bersemangat hari ini? |
|
|
5.
|
Apakah anak-anak sudah makan? |
|
|
6.
|
Apakah tadi malam sudah belajar? |
|
|
b.
Diagnostik Kognitif
1)
Apakah
siswa dapat membaca salah satu surah dalam Al-Qur’an yaitu Q.S.
al-Hujurat/49:13 dengan tartil dan irama yang menyentuh?
2)
Apa
komentarmu setelah memperhatikan Gambar 1.3 yang berisi keragaman manusia meliputi agama, bangsa,
budaya dan hobinya?
3)
Apa
pendapatmu setelah melihat tulisan
Al-Qur’an yang rapi dan indah? Apa yang akan kamu lakukan supaya bisa menulis seperti itu?
4)
Pernahkah
kalian melakukan hal seperti pada Gambar 1.5? Ceritakan pengalamanmu di depan
kelas!
5)
Apa saja
jenis keragaman manusia?
2. Penilaian
Formatif
a.
Instrumen
Penilaian Sikap
1)
Sikap Spiritual
Teknik Penilaian : Penilaian diri
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Aku meningkatkan ketaqwaan kepada
Allah Swt. |
|
|
|
|
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Temanku meningkatkan ketaqwaan kepada
Allah Swt. |
|
|
|
|
Keterangan
SL =
Selalu : sangat baik
SR =
Sering : baik
KD =
Kadang-kadang : cukup
TP =
Tidak Pernah : perlu bimbingan
2)
Sikap Sosial
Teknik Penilaian : Penilaian diri
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Aku menunjukkan sikap saling mengenal,
tidak membedakan orang lain sebagai implementasi bahwa manusia yang beragam
itu setara di hadapan Allah. |
|
|
|
|
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Temanku menunjukkan saling mengenal,
tidak membedakan orang lain sebagai implementasi bahwa manusia yang beragam
itu setara di hadapan Allah. |
|
|
|
|
Keterangan
SL =
Selalu : sangat baik
SR =
Sering : baik
KD =
Kadang-kadang : cukup
TP =
Tidak Pernah : perlu bimbingan
b.
Penilaian
Keterampilan
No |
Nama |
Aspek yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Nilai |
||
Makhraj |
Tajwid |
Lancar |
||||
1 |
......................... |
|
|
|
|
|
2 |
......................... |
|
|
|
|
|
Keterangan:
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1.
|
4 |
Sangat baik |
Semua bacaan benar dan lancar |
2.
|
3 |
Baik |
Sebagian besar bacaan benar dan
lancar |
3.
|
2 |
Cukup |
Separuh bacaan benar dan lancar |
4.
|
1 |
Kurang |
Sebagian kecil bacaan benar dan
lancar |
Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
12
c.
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
Aktivitas Pembelajaran 2 :
Penilaian
Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
||
Ketertiban |
Kekompakan |
Performance |
|||
1 |
......................... |
|
|
|
|
2 |
......................... |
|
|
|
|
3 |
......................... |
|
|
|
|
4 |
......................... |
|
|
|
|
Pedoman
Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1.
|
4 |
Sangat baik |
Semua anggota kelompok tertib,
kompak, percaya diri |
2.
|
3 |
Baik |
Sebagian besar anggota kelompok
tertib, kompak, percaya diri |
3.
|
2 |
Cukup |
Separuh anggota kelompok tertib,
kompak, percaya diri |
4.
|
1 |
Kurang |
Sebagian kecil anggota kelompok
tertib, kompak, percaya diri |
Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
12
Penilaian Hasil Kerja
Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
|
Ketepatan jawaban |
Estetika (nilai seni) paparan |
|||
1 |
......................... |
|
|
|
2 |
......................... |
|
|
|
3 |
......................... |
|
|
|
4 |
......................... |
|
|
|
Pedoman
Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1. |
8 |
Sangat baik |
Semua jawaban benar/tepat,
menarik |
2. |
6 |
Baik |
Sebagian besar jawaban benar,
menarik |
3. |
4 |
Cukup |
Separuh jawaban benar, menarik |
4. |
2 |
Kurang |
Sebagian kecil jawaban benar,
menarik |
Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
16
Aktivitas Pembelajaran 3 :
No |
Nama |
Aspek yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Nilai |
||
Ketepatan Tulisan dengan Kaidah |
Kebersihan |
Kerapian |
||||
1 |
......................... |
|
|
|
|
|
2 |
......................... |
|
|
|
|
|
Pedoman
Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1. |
8 |
Sangat baik |
Semua tulisan sesuai kaidah,
bersih dan rapi |
2. |
6 |
Baik |
Sebagian besar tulisan sesuai
kaidah, bersih dan rapi |
3. |
4 |
Cukup |
Separuh tulisan sesuai kaidah,
bersih dan rapi |
4. |
2 |
Kurang |
Sebagian kecil tulisan sesuai
kaidah, bersih dan rapi |
Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
24
Aktivitas
Pembelajaran 4 :
No |
Nama |
Aspek yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Nilai |
||
Lancar Hafalan |
Makhraj |
Tajwid |
||||
1 |
......................... |
|
|
|
|
|
2 |
......................... |
|
|
|
|
|
Pedoman
Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1.
|
4 |
Sangat baik |
Semua bacaan benar dan lancar |
2.
|
3 |
Baik |
Sebagian besar bacaan benar dan
lancar |
3.
|
2 |
Cukup |
Separuh bacaan benar dan lancar |
4.
|
1 |
Kurang |
Sebagian kecil bacaan benar dan
lancar |
Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
12
3. Penilaian
Sumatif
Soal uraian
1)
Pahamilah
makna dari bagian ayat Q.S. Al-Hujurat/49:13 berikut!
Jelaskan pesan pokok yang terkandung dalam bagian ayat Q.S.
Al-Hujurat/49:13 berikut!
2)
Bacalah
cerita berikut cermat!
Filindo adalah anak Papua yang
tinggal bersama teman-temannya dari berbagai suku. Di antara mereka ingin hidup
berdampingan secara damai. Apa yang harus dilakukan mereka agar hidup damai
dalam perbedaan?
3)
Bagaimana
cara menghargai orang yang berbeda agama?
4)
Perhatikan
kutipan ayat Q.S. Al-Hujurat/49:13 berikut!
Jelaskan makna dari kutipan ayat Q.S. Al-Hujurat/49:13
tersebut!
5)
Bacalah
hadis berikut dan fahami artinya!
Tuliskan 2 pesan pokok yang
terkandung dalam hadis tersebut?
Kunci Jawaban
1)
Pesan pokok
yang terkandung pada bagian Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 yaitu Kami telah menciptakan
kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, yakni berasal dari keturunan
yang sama yaitu Adam dan Hawa. Semua manusia sama saja derajat kemanusiaannya,
tidak ada perbedaan antara satu suku dengan suku lainnya. Kemudian Kami jadikan
kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal dan dengan
demikian saling membantu satu sama lain, bukan saling mengolok-olok dan saling
memusuhi antara satu kelompok dengan lainnya.
Pedoman
skor:
Maksimal 6, jika memuat pesan pokok
yang benar
2)
Yang harus
mereka lakukan adalah:
Pertama saling berdialog diantara
mereka, saling menggali informasi mengenai karakter, budaya dan kekhasan
sukunya. Kedua: mencari titik temu persamaan diantaranya keinginan mereka untuk
saling hidup rukun dan damai. Ketiga: saling menghormati dan menghrgai dalam
perbedaan yang akan mereka alami dalam pergaulan sehari-hari.
Pedoman
skor:
Skor 6, jika memuat 3 jawaban yang
benar.
Skor 4, jika memuat 2 jawaban yang
benar.
Skor 2, jika memuat 1 jawaban yang
benar.
3)
Cara
menghargai orang berbeda agama:
a.
Tidak
memaksa orang lain memeluk agama kita
b.
Tidak
mencela ajaran agama orang lain
c.
Membuat
tenang mereka dalam menjalankan ibadahnya
Pedoman
skor:
Skor 6, jika memuat 3 jawaban yang
benar.
Skor 4, jika memuat 2 jawaban yang
benar.
Skor 2, jika memuat 1 jawaban yang
benar.
4)
Sesungguhnya
yang paling mulia di hadapan Allah Swt. hanyalah orang yang paling bertakwa.
Karenanya, hendaknya kita berusaha untuk meningkatkan ketakwaan supaya menjadi
orang yang mulia di hadapan Allah Swt.
Pedoman
skor:
3 jika jawaban memuat semua
penjelasan makna kutipan ayat
2 jika jawaban memuat sebagian
besar penjelasan makna kutipan ayat
1 jika jawaban memuat sebagian
kecil penjelasan makna kutipan ayat
Pedoman
Skor Akhir
Skor yang diperoleh
x100
25
5)
2 pesan
pokok Hadis:
a.
Kebesaran
suatu bangsa atau warna kulit seseorang tidak menjadi penyebab kemuliaannya
dibanding yang lain.
b.
Hanya takwa
yang menjadi ukuran nilai utama seseorang.
Pedoman
skor:
Skor 4, jika memuat 2 jawaban yang
benar.
Skor 2, jika memuat 1 jawaban yang
benar.
Nilai
Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
FREEDOWNLOAD MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 1 VERSI PDF
B.
Lembar Kerja Peserta
Didik
1. LKPD 1
Nama :
Kelas :
No.Absen :
Temukan contoh
bacaan tajwid dalam Q.S. al-Ḥujurāt/49:13.
Gunnah |
Qalqalah |
Mad |
|
|
|
2.
LKPD 2
Nama :
Kelas :
No.Absen :
Pernahkah kalian bergotong royong
bersama orang yang berbeda agama? Mengapa kalian harus membantu orang lain
walaupun berbeda suku atau bangsanya? Coba tuliskan pendaparmu!
3. LKPD 3
Nama :
Kelas :
No.Absen :
Apakah kalian telah mampu menulis Al-Qur’an dengan benar
dan rapi? Apa yang harus kalian lakukan
supaya bisa menulis dengan benar dasn rapi? Coba tuliskan pendapatmu?
C. Bahan
Bacaan Guru dan Peserta Didik
1.
Bahan
Bacaan Guru
·
Buku PAI
yang relevan dengan materi pembelajaran Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S.
Al-Hujurat/49:13 dan Hadis tentang Keragaman.
·
Buku
Tajwid, pedoman membaca Al-Qur’an dengan benar.
2.
Bahan
Bacaan Siswa
·
Poster
Al-Qur’an Q.S. Al-Hujurat/49:13.
·
Video
panduan membaca Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 (youtube atau dokumen pribadi).
D.
GLOSARIUM
·
Gunnah : pengucapan huruf yang berdengung
seperti pada huruf mim dan nūn bertasydid, suara yang terbuka terentang dari
tenggorok hingga lubang hidung, atau suara yang menyertai huruf mim dan nūn.
·
Mad : bacaan panjang dari dua sampai
enam ketuk (harakat); bacaan dengan memanjangkan suara hingga dua ketuk atau
lebih (harakat).
·
Qalqalah : apabila ada salah satu huruf qāf, ṭā’
bā’, jīm, dan dāl berharakat sukun atau bertanda waqaf maka dibaca memantul.
·
Suku : golongan bangsa sebagai bagian
dari bangsa yang besar.
E.
DAFTAR PUSTAKA
·
Faozan,
Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
·
Faozan,
Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan
Teknologi.